Faktor-faktor yang akan dibahas pada posting kali ini adalah windowing, coloring, messaging, SERP, user experience, dan lain lain.
Windowing, mengapa windowing menjadi penting dalam suatu interface? alasannya adalah windowing menjadi penentu, apakah user akan paham akan apa yang akan disampaikan oleh interface tersebut atau malah salah menafsirkan. Karena windowing merupakan tata letak dari apa yang akan diperlihatkan oleh suatu interface pada layar monitor anda.
Pada situs permaisuri.com, windowing yang ada dirasakan kurang baik. Karena halaman yang terdisplay dilayar monitor tidak lah secara langsung menggambarkan apa yang diinginkan. Seperti contohnya halaman muka (beranda) dan halaman tire calculator. Pada halaman muka, display dari situs terpotong hanya sampai pada bagian flash yang menunjukkan gambar-gambar mobil (hal ini terjadi jika layar dalam kondosi zoom normal, tidak diminimize atau maximize). Hal ini akan membingungkan user, terutama orang awam, karena mereka akan mengira bahwa situs permaisuri.com adalah toko mobil online, karena gambar yang terdisplay adalah gambar mobil. Baru ketuka sedikit discroll kebawah kita akan menetahui bahwa situs ini sebenarnya menjual velg dan ban mobil. Akan lebih baik jika proporsi display pada windowing di perhatikan, seperti misalnya diberikan sedikit gambar dari velg yang muncul (muncul tapi terpotong), sehingga membangkitkan rasa ingin tahuuser, dan akhirnya menscroll kebawah. Atau diberi penjelasan berupa text yang menujukkan situs ini berjualan velg dan ban mobil. Atau posisi gambar velg dan ban ditukar dengan posisi flash yang berada diatasnya.
Gambar 1. Halaman muka sebelum discroll (kiri) dan sesudah (kanan).
Selain pada halaman muka, pada halaman tire calculator juga terjadi hal demikian. Display yang pertama kali
terlihat adalah gambar sketsa dari komposisi ban dan velg serta ukurannya. Padahal hasil dari kalkulasi (perhitungan) ada di bagian bawah, dan tidak ada bagian yang muncul keatas samasekali. Ini akan menimbulkan peluang untuk user tidak melihat hasil kalkulasi tersebut. Saya rasa solusinya hampir sama dengan yang telah saya bicarakan pada halaman muka.
terlihat adalah gambar sketsa dari komposisi ban dan velg serta ukurannya. Padahal hasil dari kalkulasi (perhitungan) ada di bagian bawah, dan tidak ada bagian yang muncul keatas samasekali. Ini akan menimbulkan peluang untuk user tidak melihat hasil kalkulasi tersebut. Saya rasa solusinya hampir sama dengan yang telah saya bicarakan pada halaman muka.
Selanjutnya adalah coloring dan messaging. Untuk coloring saya rasa tidak ada masalah, karena pemilihan warna (baik background maupun gambar) sudah tepat dan menggambarkan kemewahan yang memang ingin ditunjukkan.
Untuk messaging saya rasa juga sudah cukup baik, karena sesuai standar. Karena untuk inputan sudah menggunakan dropdownlist dan checkbox saya rasa messaging untuk kesalahan input tidak diperlukan. Messaging yang ada hanyalah pada saat kita registrasi (misalnya ada yang kurang lengkap), pada saat login (username/passworrd salah atau tidak cocok), atau pada saat tidak ditemukan satupun pencarian.
Untuk SERP atau Search Engine Result Page, situs ini memiliki kolom pencarian, yang informasinya pencariannya sudah dibagi kedalam beberapa kategori (untuk mempersempit pencarian). Hasil dari pencarian (SERP) yang ditampilkan sudah baik, apa bila produk yang kita cari ada, maka gambarnya langsung muncul, tetapi jika tidak akan muncul tulisan "no product found". Namun yang menjadi sedikit kekurangan menurut saya, adalah terlalu seringnya muncul tulisan "no product found" tersebut, yang akhirnya kita hanya menenukan sedikit saja dari yang kita cari. Hal ini mungkin berhubungan dengan masalah database dari situs ini sendiri, yang mungki belum semuanya di entry atau mungkin memnag barang tersebut tidak ada. Namun yang menurut saya bagus adalah situs ini memberitahukan kondisi/status dari produk tersebut, apakah masih ada stock yang tersisa atau sudah terjual (sold out). Lalu yang saya perhatikan agak berbeda adalah terdapatnya perbedaan tombol search pada beberapa halaman. Beberapa halaman menggunakan tombol "go" tetapi beberap lainnya menggunakan "search".
Untuk user experience seperti yang telah disinggung sebelumnya, sudah cukup baik. Namun alangakah baiknya lebih banyak diberikan flash/anmasi-animasi atau video yang bisa menambah daya tarik. Karena situs ini mengangkat tema otomotif yang memang sudah menarik dan identik dengan canggih,jadi lebih baik apabila lebih attraktif dan interaktif lagi.
Yang terakhir adalah dari segi lain-lain (saya bingung mau memasukan ke kategori mana, hhehe), yang pertama ingin saya sampaikan adalah masalah kekonsistenan bahasa. Situs ini meurupakan situs lokal dan jika dilihat dari nama situs dan pengelolanya berbahasa Indonesia. Namun hampir seluruh isi situs ini berbahsa Inggris. Mungkin lebih baik jika semuanya menggunakan 1 bahasa saja. Tapi mungkin jika semuanya menggunakan bahasa Indonesia dirasa kurang pas / kurang keren, pengelola bisa menggunakan 2 bahasa, tetapi harus menitik beratkan ke salah satunya. Misalkan yang diutamakan adalah bahasa Indonesia, baiknya seluruh is situs (termasuk penjelasan dan perincian produk) menggunakan bahsa Indonesia, hanya header / tab-tabnya saja yang menggunakan bahasa Inggris, seperti Home, Autoshow,Contact Us, dll. Atau pilihan lainnya adalah dengan membuat dua vesri situs, yang satu berbahasa Indonesia yang lainya berbahasa asing.
Untuk halaman registrasi (baik pada saat mendaftar atau membeli) saya rasakan sudah cukup baik dan tidak ada masalah.
Sekian kajian / analisis saya tentang situs permaisuri.com ini, semoga bermanfaat.
terima kasih =)

Tidak ada komentar:
Posting Komentar